SKRIPSIKU


ABSTRAK
Baryono, Peranan Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Dalam Mempelajari Al-Qur’an Dengan Metode Qiraati Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana orang tua (wali santri) Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Ummah berperan dalam keberhasilan anak ketika mempelajari Al-Qur’an dengan metode qiraati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan peran orang tua (wali santri) terhadap anaknya ketika belajar. Khususnya mempelajari Al-Qur’an karena pada zaman sekarang ini banyak anak yang enggan mempelajari Al-Qur’an yang disebabkan dengan adanya pengaruh budaya yang dapat merusak moral bangsa ini.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kuantitatif, namun pada dasarnya penelitian ini adalah bersifat kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dahulu, baru kemudian dikembalikan lagi kedata kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan : peranan orang tua terhadap keberhasilan anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, secara keseluruhan belum maksimal meskipun ada sebagian orang tua (wali santri) TPQ Nurul Ummah yang telah melaksanakan usaha-usaha yaitu : Melahirkan motivasi bagi putra/putrinya untuk terus belajar Al-Qur’an dengan giat, konsisten dalam membantu putra/putrinya dengan pengawasan dan bimbingan, mempersiapkan tempat belajar, memperhatikan kesehatan dan gizinya, melakukan proses pengulangan dari satu waktu ke waktu yang lainnya , menyuruh rajin masuk dan menggugah kesadaran untuk belajar, mengantar putra/putrinya ketika berangkat ke TPQ Nurul Ummah serta menjemput ketika anak sudah pulang., Menyuruh belajar dengan cara didampingi atau diawasi dan menyuruh belajar sendiri, Mendo’akan putra-putrinya. Adapun peran orang tua terhadap anak ketika belajar Al-Qur’an dengan metode qiraati di TPQ Nurul Ummah dapat dikatakan kurang berperan, hal ini terbukti bahwa dari 35 responden mereka menunjukkan hanya 34.4% wali santri yang ikut berperan ketika anak dalam mempelajari Al-Qur’an di TPQ Nurul Ummah. Adapun hasil dari peran serta orang tua ketika anak mempelajari Al-Qur’an dengan metode qiraati di TPQ Nurul Ummah menunjukkan bahwa ketika orang tua semakin berperan maka santri semakin cepat lulus atau cepat naik jilid. Hal ini terbukti bahwa ketika santri yang orang tuanya ikut berperan menunjukkan santri tersebut lebih cepat naiknya daripada santri yang orang tuanya tidak berperan yaitu membutuhkan waktu yang lebih banyak.........kumlit

ARTIKEL DALAM SATU LABEL



1 comments:

Anonymous said...

ih ko cakep bangettt desainnya kaya orangnya nih.....

 
 
 
 
PIN BB 262A70A2